Kecamatan Cigeulis memiliki  luas wilayah 1669,68 Ha. Dengan  batas administrasi sebagai berikut :

Sebelah Utara                           : Kecamatan Panimbang

Sebelah Timur                         : Kecamatan Sobang

Sebelah Selatan                        : Kecamatan Cibaliung

Sebelah Barat                           : Selat Sunda

Pusat Pemerintahan Kecamatan terletak di Cigeulis, sekitar  80 Km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Pandeglang. Kecamatan Cigeulis  memiliki iklim tropis dan sub curah hujan 4100 mm/tahun dan rata-rata suhu 16-180C.

Bentuk Kecamatan Cigeulis umumnya merupakan daerah dataran dengan ketinggian 250 M diatas permukaan laut. Kecamatan Cigeulis terdiri dari 9 (sembilan) Desa, yaitu : Desa Banyuasih, Desa Cigeulis, Desa Ciseureuheun, Desa Karangbolong, Desa Karyabuana, Desa Katumbiri, Desa Sinarjaya, Desa Tarumanagara, Desa Waringinjaya

Kecamatan Cigeulis berdasarkan data bulan Oktober 2016 memiliki  jumlah penduduk sebanyak 39.646 jiwa, terdiri dari 20.592 jiwa laki-laki dan 19.054  jiwa perempuan.

Kecamatan adalah wilayah kerja Camat sebagai perangkat daerah mempunyai Tugas pokok dan fungsi dan ini  penting untuk disampaikan dalam rencana strategis ini, dengan tujuan  untuk memperjelas tugas, wewenang dan tanggungjawab yang harus diemban oleh Kecamatan selama kurun waktu lima tahun ke depan. Di samping itu  uraian ini juga diperlukan sebagai arahan bagi Kecamatan  untuk  melakukan koordinasi dan bermitra dengan pihak-pihak terkait mengingat tugas pokok dan fungsi Kecamatan sangat kompleks dan saling keterkaitan serta  multi aspek dengan  para pemangku kepentingan.

Oleh karena itu, melalui  tugas, wewenang dan tanggung jawab Kecamatan, maka rumusan rencana strategisnya harus mengacu pada Peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang Nomor 06 Tahun 2016 tentang Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pandeglang dan Peraturan Bupati Pandeglang Nomor 66 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Rincian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan.